SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS QR CODE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS V SD N 5 LUBUKLINGGAU”
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPS berbasis Qr Code Dengan Menggunakan Model Cooperatif Learning pada kelas V yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu research and development ( R & D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Lubuklinggau berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk kepraktisan menggunakan angket respon siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh tiga ahli menunjukkan bahwa bahan ajar IPS berbasis Qr Code termasuk ke dalam kategori sangat valid dengan diperoleh skor rata-rata 2,75. Sedangkan hasil analisis penilaian angket kepraktisan dalam kategori sangat praktis dengan diperoleh skor rata-rata 92%. Sedangkan hasil analisis efektifitas dari hasil rata-rata pre-test dan post-test diperoleh nilai N-gain sebesar 0,84 yang termasuk kedalam kategori tinggi. Berdasarkan data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPS berbasis Qr Code dapat dikatakan valid, praktis dan juga efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Cooperatif Learning, IPS, Pengembangan, Qr code.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANJELINA - Personal Name
|
Student ID |
5020190
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Donni Pesatalozi, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ANJELINA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |