SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 4 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Lubuklinggau setelah mengunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan video pembelajaran secara signifikan tuntas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik penelitian pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik pufposif sampling. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan tes berbentuk essay. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis mengunakan uji normalitas sedangan hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test diperoleh 21,54 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 73,05 dengan presentase ketuntasan 80% atau 25 siswa yang tuntas. Diperoleh nilai t_(hitung )(2,29) ≥ t_tabel (1,70). kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan video pada pembelajaran IPS signifikan tuntas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video, Model Role Playing, Pembelajaran IPS.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NADIA TIAS NITA - Personal Name
|
Student ID |
5019075
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Aren Frima, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
NADIA TIAS NITA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |