SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 50 LUBUKLINGGAU
XML JSONAdapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 50 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) secara signifikan tuntas. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi seluruh kelas IV SD Negeri 50 Lubuklinggau dan sebagai sampel kelas IV.A berjumlah 26 siswa yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 26 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan ∝ =0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas IV SD Negeri 50 Lubuklinggau signifikan tuntas. Nilai rata-rata pretest siswa 45,83 yang tuntas 0 orang dan tidak tuntas 26 orang, nilai rata-rata posttest siswa 80,77 yang tuntas 25 orang dan tidak tuntas 1 orang dilanjutkan uji t diperoleh thitung 6,92 dan ttabel 1,71 maka disimpulkan bahwa setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas IV SD Negeri 50 Lubuklinggau signifikan tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, dan CTL.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
WINGGA SONIA - Personal Name
|
Student ID |
5018003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Ketua Penguji
Dr. Hamdan, M.Pd. - - Penguji 1 Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
WINGGA SONIA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |