SKRIPSI S1 MATEMATIKA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 MUARA LAKITAN
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Lakitan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Lakitan dan sebagai sampel adalah kelas VIII.B yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan pre-test dan post-test, yakni berupa essai sebanyak 4 soal, Hasil uji-t mengenai kemampuan pemahaman konsep akhir (post-test) dengan nilai rata-rata 82,2 taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata persentase jumlah siswa 86,66% atau sebanyak 26 siswa dan uji hipotesisnya yaitu thitung (4,56) > ttabel (1,69). Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Muara Lakitan setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning signifikan berada pada kategori baik.
Kata kunci: Penerapan, Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SITI SOLIHAT - Personal Name
|
Student ID |
4019025
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Ketua Penguji
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 1 Dr. Viktor Pandra, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
SITI SOLIHAT - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
510
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |