PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 MUARA LAKITAN

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 MATEMATIKA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 MUARA LAKITAN

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Lakitan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Lakitan dan sebagai sampel adalah kelas VIII.B yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan pre-test dan post-test, yakni berupa essai sebanyak 4 soal, Hasil uji-t mengenai kemampuan pemahaman konsep akhir (post-test) dengan nilai rata-rata 82,2 taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata persentase jumlah siswa 86,66% atau sebanyak 26 siswa dan uji hipotesisnya yaitu thitung (4,56) > ttabel (1,69). Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Muara Lakitan setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning signifikan berada pada kategori baik.

Kata kunci: Penerapan, Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SITI SOLIHAT - Personal Name
Student ID
4019025
Dosen Pembimbing
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Dosen Pembimbing 1
As Elly S, M. Pd. Mat. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknologi
Kontributor
SITI SOLIHAT - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
510
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail