PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 13 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 MATEMATIKA

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 13 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model problem based leaning berbasis kolaboratif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Lubuklinggau pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 13 Lubuklinggau tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari nilai rata-rata pre-test (30,85) dan nilai rata-rata post-test (78,3) mengalami peningkatan hasil belajar dengan rata-rata nilai sebesar 47,45. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara deskriptif penerapan model problem based learning berbasis kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 13 Lubuklinggau.

Kata kunci : Hasil Belajar, Kolaboratif, Problem Based Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NIKEN - Personal Name
Student ID
4019003
Dosen Pembimbing
Dr. Anna Fauziah, M.Pd, Mat - - Dosen Pembimbing 1
Drajat Friansyah, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknologi
Kontributor
NIKEN - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
510
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail