PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SOAL CERITA KELAS VIII SMP AR-RISALAH

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 MATEMATIKA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SOAL CERITA KELAS VIII SMP AR-RISALAH

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Pair Check berbasis etnomatematika pada soal cerita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah kelas VIII.A Al-Jabar dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes yaitu dengan memberikan soal uraian kepada siswa sebanyak lima soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami ketuntasan sebesar 79% dengan nilai rata-rata 82,71. Berdasarkan penelitian menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0,05 dengan hasil analisis uji hipotesis menunjukkan kemampuan akhir siswa dengan thitung (3,180) > ttabel (1,713), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Ar-Risalah tahun ajaran 2022/2023 setelah penerapan model Pair Check berbasis Etnomatematika pada Soal Cerita meningkat.

Kata kunci : Pair Check, Etnomatematika, soal cerita


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
AMRINA ROSADA - Personal Name
Student ID
4019012
Dosen Pembimbing
Maria Luthfiana, M. Pd. Mat - - Dosen Pembimbing 1
Yufitri Yanto, M.Pd. Mat - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
85201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknologi
Kontributor
AMRINA ROSADA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
510
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail