SKRIPSI S1 MATEMATIKA
PENGARUH PENDEKATAN PMRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan PMRI dengan menggunakan metode kolaboratif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yang digunakan berbentuk true eskperimental design dengan rancangan penelitian adalah pre-test-post-test control qroup design. Teknik sampel yang dilakukan dengan cara acak atau random. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan PMRI dengan menggunakan metode kolaboratif terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung>t_tabel (6,99> 1,67). sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran pendekatan PMRI dengan menggunakan metode kolaboratif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Lubuklinggau untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Rata-rata skor hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan kelas eksperimen sebesar 71,21 dan kelas kontrol sebesar 35,97.
Kata kunci: Pendekatan PMRI, Kolaboratif, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
LIA PUSPITA SARI - Personal Name
|
Student ID |
4019005
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Anna Fuziah, M.Pd, Mat - - Ketua Penguji
Drajat Friansyah, M. Pd. - - Penguji 1 Yufitri Yanto, M.Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
LIA PUSPITA SARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
510
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |