SKRIPSI S1 FISIKA
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS CTL BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA YADIKA LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2022/2023
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika berbasis CTL berbantuan aplikasi canva untuk mengukur hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA YADIKA Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efektif. Dalam penelitian ini Research and Development dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian siswa-siswi kelas XI IPA di SMA YADIKA Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor 0,89 dengan klasifikasi sangat tinggi. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor 0,86 dengan klasifikasi sangat tinggi. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor 0,83 dengan klasifikasi sangat tinggi. Kesimpulan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa modul fisika memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,86. Sedangkan dari hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa modul fisika memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata 87%. Pada uji lapangan diperoleh nilai N-gain(g) sebesar 0,78 yang termasuk dalam klasifikasi tinggi. Sehingga modul fisika memiliki tingkat keefektifan yang tinggi.
Kata Kunci: Modul Fisika, Berbasis CTL, Aplikasi Canva
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MILA AGUSTINA - Personal Name
|
Student ID |
4119003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Tri Ariani, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Sulistiyono, M.Pd. - - Penguji 1 Wahyu Arini, M.Pd. Si. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
MILA AGUSTINA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
530
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |