PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X SMA NEGERI SELANGIT

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 MATEMATIKA

PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) KELAS X SMA NEGERI SELANGIT

XML JSON

Penelitian ini tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMA Negeri Selangit. Metode penelitian ini eksperimen murni. Populusi seluruh siswa kelas X SMA Negeri Selangit tahun ajaran 2022/2023 dan sebagai sampel kelas X IPA1 sebagai kelas eksprimen sedangkan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan secara acak (Random Sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data hasil test dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data Post-Test dengan taraf signifikan diperoleh yaitu 6,25 2,01, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) secara signifikan lebih baik daripada model konvensional di kelas X SMA Negeri selangit tahun pelajaran 2022/2023.

Kata kunci : PMRI, Pemahaman Konsep, SPLTV


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WINA KHALIPASARI - Personal Name
Student ID
4019013
Dosen Pembimbing
Maria Luthfiana, M. Pd. Mat - - Dosen Pembimbing 1
Rani Refianti, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknologi
Kontributor
WINA KHALIPASARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
510
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail