SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 28 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Multimedia Interaktif berbasis Powerpoint pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 28 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan Multimedia Interaktif berbasis Powerpoint pada pembelajaran Tematik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah research and development (R & D) dengan model yang digunakan ini adalah 4-D, objek penelitian ini ialah siswa kelas V yang berjumlah 6 orang. Teknik penelitian data ini dilakukan dengan dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kualitas media Multimedia Interaktif berbasis Powerpoint pada pembelajaran Tematik yang dilihat dari aspek kevalidan dikatakan termasuk dalam kategori valid dengan koefisien aiken v ahli bahasa 0,81, ahli materi 0,98, ahli media 0,82 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa pada Multimedia Interaktif berbasis Powerpoint memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 97%, dan efektif dengan nilai 0,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif berbasis Powerpoint pada pembelajaran Tematik memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga bisa digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Tematik, Pengembangan, Multimedia Interaktif, powerpoint, Sekolah Dasar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YENI MALINDA ANISA - Personal Name
|
Student ID |
5019157
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Ketua Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Penguji 1 Aren Frima, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
YENI MALINDA ANISA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |