SKRIPSI S1 PGSD
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DWIJAYA
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Dwijaya, agar dapat digunakan menjadi bahan pertimbangan guru saat mendesain pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dan jenisnya korelasional. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDN 1 Dwijaya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket (kuesioner) motivasi belajar sebagai instrumen utama, sedangkan dokumentasi foto sebagai instrumen pendukung. Angket motivasi belajar ini menggunakan jenis skala likert. Proses analisis data yang digunakan pada penelitian ini antara lain: uji normalitas, uji homogenitas, uji T. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Dwijaya. Hal tersebut diketahui dari hasil angket motivasi belajar yang dibagikan kepada seluruh responden berjumlah 47 orang. Kemudian dari hasil analisis menggunakan uji T, diperoleh nilai T hitung sebesar 5.429 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpullkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Pengaruh, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SITI ZUBAEDAH - Personal Name
|
Student ID |
5019041
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Syaprizal, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SITI ZUBAEDAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |