SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU PINTAR MEMBACA BERBASIS QR-CODE PADA KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DI PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI NAPALLICIN
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code untuk siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini sebanyak 17 siswa dan siswa kelas II SD Neger Napalliicin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code berdasarkan penilian ahli bahasa, materi dan media menuinjukan bahwa bahan ajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,82. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 86,41%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,73 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya bahan ajar buku pintar membaca berbasis QR-Code memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku pintar membaca berbsis QR-Code terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Buku Pintar, QR Code, Keterampilan Membaca.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PUTRI ALWANI - Personal Name
|
Student ID |
5019071
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Ketua Penguji
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 1 Armi Yuneti, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
PUTRI ALWANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |