PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk Modul Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran IPA Kelas V yang valid, praktis, dan efek potensial. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen sebagai validator media dan validator bahasa, guru kelas, dan 22 siswa kelas V SD Negeri 85 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, deseminate. Hasil analisis validasi ahli media memperoleh angka 0,77 dalam kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh angka 0,81 dengan kategori sangat sangat valid. Validasi ahli materi memperoleh angka sebesar 0,90 dengan kategori sangat valid. Rekapitulasi persentase kepraktisan mencapai 93,13% dalam kategori sangat praktis. Kemudian hasil efek potensial memperoleh nilai sebesar 81,87% dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa Modul Berbasis Kontekstual valid, praktis, dan efek potensial. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Modul Berbasis Kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pengembangan, Modul, IPA, Kontekstual, Sekolah Dasar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KANASYA PUTRI ANJANI - Personal Name
Student ID
5019002
Dosen Pembimbing
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Dosen Pembimbing 1
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Ketua Penguji
Syaprizal, M.Pd - - Penguji 1
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
KANASYA PUTRI ANJANI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail