SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk Modul Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran IPA Kelas V yang valid, praktis, dan efek potensial. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen sebagai validator media dan validator bahasa, guru kelas, dan 22 siswa kelas V SD Negeri 85 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yaitu define, design, develop, deseminate. Hasil analisis validasi ahli media memperoleh angka 0,77 dalam kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh angka 0,81 dengan kategori sangat sangat valid. Validasi ahli materi memperoleh angka sebesar 0,90 dengan kategori sangat valid. Rekapitulasi persentase kepraktisan mencapai 93,13% dalam kategori sangat praktis. Kemudian hasil efek potensial memperoleh nilai sebesar 81,87% dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa Modul Berbasis Kontekstual valid, praktis, dan efek potensial. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Modul Berbasis Kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, IPA, Kontekstual, Sekolah Dasar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KANASYA PUTRI ANJANI - Personal Name
|
Student ID |
5019002
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Ketua Penguji
Syaprizal, M.Pd - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
KANASYA PUTRI ANJANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |