SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTINGTERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Probing prompting dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Lubuklinggau yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh yang berjumlah 30 siswa sebagai jumlah sampel. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal esai. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji z. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, rata-rata nilai tes akhir sebesar 81,99 dan persentase siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 siswa (81,81%). Dan berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Zhitung = 8,10 dan Ztabel = 1,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran probing adalah tuntas secara signifikan.
Kata Kunci : Implementasi, IPS, Probing Prompting.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SRI VERA OKTAVIANI - Personal Name
|
Student ID |
5019112
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Hamdan, M.Pd. - - Ketua Penguji
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Penguji 1 Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SRI VERA OKTAVIANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |