PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Scrapbook Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika yang valid, praktis dan efek potensial. Penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh tiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa media Scrapbook berbasis kontekstual pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 85 Lubuklinggau memenuhi kriteria rata-rata skor 0,76 dengan kategori Valid. Untuk analisis penilaian uji coba Small Group, one to one terdiri dari 9 orang siswa dan 1 guru memperoleh skor rata-rata sebesar 84,58% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil analisis efek potensial media scrapbook yang dikembangkan memiliki efek potensial dengan ketuntasan klasikal 84,61% kategori “Sangat Baik. Dapat disimpulkan bahwa Media Scrapbook Berbasis Kontekstual valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa media Scrapbook Berbasis Kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media, Scrapbook, Pembelajaran Matematika.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WIJI NUR AZZAHRAH - Personal Name
Student ID
5019001
Dosen Pembimbing
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Dosen Pembimbing 1
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
WIJI NUR AZZAHRAH - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail