SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING BERBANTUAN MEDIA WALL CHART TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 LUBUKLINGGAU
XML JSON
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar secara signifikan setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching & Learning berbantuan media Wall Chart di SD Negeri 14 Lubuklinggau. Metode Penulisan ini menggunakan metode Penulisan pre-eksperimental designs dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel jenuh dalam Penulisan ini yaitu kelas V berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan Penulis berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 22 soal. Hasil Penulisan menunjukkan bahwa penerapan Contextual Teaching & Learning berbantuan Wall Chart secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa, terbukti dengan hasil post-test di mana 24 siswa mencapai nilai ≥ 65. Pendekatan Contextual Teaching & Learning yang mengaitkan pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa, ditambah dengan visualisasi dari Wall Chart, membuat proses pembelajaran lebih relevan, menarik, dan efektif. Oleh karena itu, hipotesis Penulisan ini dapat diterima, menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching & Learning berbantuan Wall Chart berhasil menuntaskan hasil belajar siswa dalam materi yang diajarkan.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Wall Chart, IPA & Hasil belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YULI ANDRIYANI - Personal Name
|
Student ID |
5020258
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Ketua Penguji
Dr. Hamdan, M.Pd. - - Penguji 1 Dr. Viktor Pandra, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
YULI ANDRIYANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |