PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDIQ AR-RISALAH LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDIQ AR-RISALAH LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran IPA siswa Kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode Eksperimen dengan design One Group Pretest Posttest Design. Dalam penelitian ini menggunakan 1 kelas sampel yaitu kelas V dengan jumlah siswa 24 siswa. Hal ini berarti semua anggota populasi dijadikan sampel, teknik pengambilan sampel yaitu dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk soal uraian yang berjumlah 9 soal. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan tes. Data dianalisis menggunkan rumus uji-z. berdasarkan hasil uji analisis data dengan taraf kepercayaan α= 5% menunjukan Z_hitung = 8,72 dan Z_(tabel )=1,64. Karena Z_hitung > Z_(tabel ) maka disimpulkan bahwa hasil belajar IPA kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar pembelajaran IPA kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau signifikan tuntas.

Kata kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Hasil Belajar IPA.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEA RESTITA - Personal Name
Student ID
5018146
Dosen Pembimbing
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
DEA RESTITA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail