SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDIQ AR-RISALAH LUBUKLINGGAU
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pembelajaran IPA siswa Kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode Eksperimen dengan design One Group Pretest Posttest Design. Dalam penelitian ini menggunakan 1 kelas sampel yaitu kelas V dengan jumlah siswa 24 siswa. Hal ini berarti semua anggota populasi dijadikan sampel, teknik pengambilan sampel yaitu dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk soal uraian yang berjumlah 9 soal. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan tes. Data dianalisis menggunkan rumus uji-z. berdasarkan hasil uji analisis data dengan taraf kepercayaan α= 5% menunjukan Z_hitung = 8,72 dan Z_(tabel )=1,64. Karena Z_hitung > Z_(tabel ) maka disimpulkan bahwa hasil belajar IPA kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar pembelajaran IPA kelas V SDIQ Ar-Risalah Lubuklinggau signifikan tuntas.
Kata kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Hasil Belajar IPA.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
DEA RESTITA - Personal Name
|
Student ID |
5018146
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Ketua Penguji
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
DEA RESTITA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |