SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 17 LUBUKLINGGAU
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 17 Lubuklinggau setelah diterapkan model PBL (problem based learning) tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas IV.a SD Negeri 17 Lubuklinggau yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n-1 diperoleh t_hitung=4,32 dan t_tabel=2,13. Hal ini berarti H_0ditolak dan H_a diterima. Rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematka siswa setelah diterapkan model problem based learning sebesar 83,56, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 17 Lubuklinggau setelah diterapkan model problem based learning sudah pada kategori baik.
Kata kunci : problem based learning, pemecahan masalah, matematika.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YULIA ANGGRAINI - Personal Name
|
Student ID |
5020085
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Nur Fitriyana, M. Pd. Mat. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Rudi Erwandi, M.Pd. - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
Yulia Anggraini - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |