PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD NEGERI 45 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD NEGERI 45 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri 45 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV.B SD Negeri 45 Lubuklinggau yang berjumlah 26 siswa dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV.B berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan yang diambil secara (random sampling). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 51,12 dan nilai rata-rata post-test sebesar 80,38 dengan taraf signifikan a = 0,05 didapat thitung = 4,41 dan ttabel 1,70 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis data dapat di simpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Pancasila setelah menggunakan model Talking Stick siswa kelas IV SD Negeri 45 Lubuklinggau secara signifikan tuntas.

Kata kunci: Talking Stick, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HANAN MUFIDHA - Personal Name
Student ID
5021301
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dea Widaswari, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
HANAN MUFIDHA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail