PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 8 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 MATEMATIKA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 8 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koopertaif tipe Group Investigation berbantuan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Lubuklinggau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen murni. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Lubuklinggau, dengan sampel kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis berbentuk essay sebanyak 5 soal. Data dianalisis menggunakan analisis inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil analisis data pada taraf kepercayaan α=0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Lubuklinggau. Rata-rata nilai tes kelas eksperimen sebesar 72,59 dan kelas kontrol adalah 57,48.

Kata Kunci: Group Investigation, Media Gambar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SISI ANGORA PUTRI - Personal Name
Student ID
4021020
Dosen Pembimbing
Dr. Sukasno, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Yufitri Yanto, M.Pd. Mat - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Sains dan Teknologi
Kontributor
SISI ANGORA PUTRI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
510
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail