PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 31 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 31 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media audio visual pada mata pelajaran IPS dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 31 Lubuklinggau. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan pre-test-post-test pada 26 siswa. Proses pembelajaran dilakukan dalam beberapa pertemuan dengan penerapan model Value Clarification Technique (VCT) dan dukungan media video animasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa dari 48,35 pada pre-test menjadi 84,62 pada post-test. Uji normalitas data menunjukkan distribusi data normal. Uji hipotesis menggunakan uji-Z menghasilkan nilai Zhitung > Ztabel (7,68 > 1,64) pada taraf signifikan a 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian, penerapan model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media audio visual pada mata pelajaran IPS dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 31 Lubuklinggau secara signifikan tuntas.

Kata kunci: hasil belajar IPS, media audio visual, Value Clarification Technique (VCT)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NIKEN AYU SAPUTRI - Personal Name
Student ID
5021089
Dosen Pembimbing
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Dosen Pembimbing 1
Aren Frima, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
NIKEN AYU SAPUTRI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail