SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN PENDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGADIREJO
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri Ngadirejo tahun ajaran 2024/2025 setelah diterapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental menggunakan desain one-group pre-test pos-ttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 14 soal yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 6,199 lebih besar dari ttabel 1,729, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw yang melibatkan siswa dalam diskusi dan saling mengajar efektif dalam mencapai ketuntasan belajar. Implikasinya, guru dapat memanfaatkan model Jigsaw sebagai strategi pembelajaran yang berorientasi pada ketuntasan dan partisipasi aktif siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, Cooperative Learning, Jigsaw, Hasil belajar
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
AGATHA NOVEN TIARA - Personal Name
|
| Student ID |
5021268
|
| Dosen Pembimbing | |
| Penguji |
Dr. Akmal Rijal, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Penguji 2 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
| Kontributor |
AGATHA NOVEN TIARA - Kontributor
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil |
372.2
|
| Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
| Doi |








