SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 44 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 44 Lubuklinggau setelah penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 44 Lubuklinggau tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 40 siswa yang diambil sebagai sampel adalah kelas IV.B yang berjumlah 20 siswa diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 14 soal. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisi uji-t data tes akhir pada taraf signifikan ɑ=0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 44 Lubuklinggau setelah penerapan model Problem Based Learning secara signifikan tuntas. Rata-rata nilai tes akhir sebesar 77,86 dengan persentase jumlah yang tuntas 85% dan uji hipotesisnya diperoleh thit. 2,12 ≥ ttab. 1,73.
Kata Kunci: Penerapan Model PBL, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kelas IV
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
TANTI DWI ASTUTI - Personal Name
|
| Student ID |
5020211
|
| Dosen Pembimbing | |
| Penguji |
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Ketua Penguji
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
| Kontributor |
TANTI DWI ASTUTI - Kontributor
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil |
372.2
|
| Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
| Doi |








