SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA TTS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI NGADIREJO
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ngadirejo setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media TTS Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-exsperimental semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-z satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 46,08 dengan persentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 82,83 dengan persentase ketuntasan 100% atau 24 siswa yang tuntas. Hasil analisis uji-z diperoleh nilai zhitung (8,17) ≥ ztabel (1,64), Maka dapat di Simpulkan, bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media TTS pada hasil belajar IPA siswa kelas V SD Ngadirejo Signifikan tuntas.
Kata Kunci : Penerapan, PBL Berbantu Media TTS, hasil Belajar IPA
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
FAUZAN ASHARI GUMAI - Personal Name
|
| Student ID |
5020165
|
| Dosen Pembimbing | |
| Penguji |
Elya Rosalina, M.Pd. Mat - - Ketua Penguji
Dr. Y. Satinem, M.Pd - - Penguji 1 Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 2 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
| Kontributor |
FAUZAN ASHARI GUMAI - Kontributor
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil |
372.2
|
| Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
| Doi |








