SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 43 LUBUKLINGGAU
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, validitas, kepraktisan, dan keefektifan media animasi berbasis Canva pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan angket yang melibatkan analisis oleh ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media, serta lembar kepraktisan dari guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis penilaian menunjukkan bahwa media ini dinilai sangat valid oleh ahli media dengan skor 0,80, ahli bahasa dengan skor 0,83, dan ahli materi dengan skor 0,82. Uji kepraktisan dilakukan dengan melibatkan guru dan siswa, di mana media ini dinilai sangat praktis dengan persentase kepraktisan 92,8% oleh guru dan 95% oleh siswa, dengan rata-rata keseluruhan 93,9%. Uji coba lapangan pada 20 siswa menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan, dengan N-Gain sebesar 0,68, yang tergolong dalam kategori sedang.sehingga dapat disimpulkan bahwa media animasi berbasis Canva memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Canva, IPA, Pengembangan Media Animasi, SD N 43 Lubuklinggau.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MUTIARA BINTANG MAHARANI - Personal Name
|
Student ID |
5020167
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
MUTIARA BINTANG MAHARANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |