SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 18 KOTA LUBUKLINGGAU
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa seteleh diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri 18 Kota Lubuklinggau secara signifikan tuntas. Desain eksperimen yang digunakan berbentuk pre-test-pos-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang dengan sampel berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, Teknik analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model Contextual Teaching And Learning dapat menuntaskan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 18 Lubuklinggau dalam pembelajaran IPS. Setelah diterapkan model Contextual Teaching And Learning siswa lebih tertarik dan berminat dalam pembelajaran IPA. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar yang dilakukan melalui kegiatan pretest dan postest. Pada pretest nilai rata-rata siswa keseluruhan sebesar 61,32 dinyatakan belum tuntas sedangkan pada postest nilai rata-rata siswa keseluruhan tuntas menjadi 84,40 dan dinyatakan tuntas dengan thitung = 2,23 > ttabel = 1,725 maka Ha diterima berarti rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Contextual Teaching And Learning secara signifikan tuntas.
Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ANNISA SALSABILA - Personal Name
|
Student ID |
5020240
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Hamdan, M.Pd. - - Penguji 1 Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ANNISA SALSABILA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |