PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 18 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 18 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 18 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dengan desain penelitian Pretest Posttest Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 18 Lubuklinggau yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal yaitu 22. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung 9,070 ≥ ttabel 1,699 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 18 Lubuklinggau setelah penerapan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantuan Media Flashcard secara signifikan tuntas.

Kata Kunci : Flashcard, Hasil Belajar, Matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MELATI WIDYA NILAM SELVA - Personal Name
Student ID
5020112
Dosen Pembimbing
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Dosen Pembimbing 1
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail