SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI MARDIHARJO
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Mardiharjo setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mardiharjo yang terdiri dari 24 siswa 11 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-Z. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan besar Zhitung = 6,28 dan Ztabel = 1,64 (Zhitung > Ztabel) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Mardiharjo setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning signifikan tuntas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Penerapan, Problem Based Learning
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
HARUM BUDIYANI - Personal Name
|
| Student ID |
5021018
|
| Dosen Pembimbing | |
| Penguji |
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Ketua Penguji
Andriana Sofiarini, S.H, M. Pd - - Penguji 1 Dedy Firduansyah, M.Pd. - - Penguji 2 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
| Kontributor |
HARUM BUDIYANI - Kontributor
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil |
372.2
|
| Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
| Doi |








