PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI MARDIHARJO

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI MARDIHARJO

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Mardiharjo setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mardiharjo yang terdiri dari 24 siswa 11 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-Z. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan besar Zhitung = 6,28 dan Ztabel = 1,64 (Zhitung > Ztabel) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Mardiharjo setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning signifikan tuntas.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Penerapan, Problem Based Learning


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HARUM BUDIYANI - Personal Name
Student ID
5021018
Dosen Pembimbing
Dr. Dodik Mulyono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Willy Lontoh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
HARUM BUDIYANI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail