HUBUNGAN ANTARA SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUARA RUPIT

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 SEJARAH

HUBUNGAN ANTARA SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUARA RUPIT

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hubungan antara sikap kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif pendekatan korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rupit Tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 107 siswa dan sampel penelitian yang digunakan seluruh kelas VIII yang berjumlah 107 Siswa Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik angket dan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, yaitu menyebarkan sejumlah pertanyaan atau pernyataan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara sikap kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis bahwa nilai sig >0,05, yaitu 0,766 > 0,05 dengan demikian HO diterima dan Ha ditolak yang artinya ada hubungan dalam proses pembelajaran IPS Siswa kelas VIII di SMPN 2 Muara Rupit.

Kata kunci: Hubungan, Sikap Kemandirian, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NUR HAZIZA - Personal Name
Student ID
3020002
Dosen Pembimbing
Agus Susilo, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Isbandiyah, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Agus Susilo, M.Pd. - - Ketua Penguji
Sarkowi, M.Hum - - Penguji 1
Dr. Yadri Irwansyah, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
NUR HAZIZA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
959.8
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail