SKRIPSI S1 PGSD
MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 5 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran Matematika siswa kelas IV SDN 5 Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis desain penelitian pre-eksperimental design (non design) kategori one-group pre-test-post-tes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk essay yang berjumlah 6 soal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 5 Lubuklinggau dan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SD Negeri 5 Lubuklinggau yang berjumlah 19 orang. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data post-test didapatkan t_hitung^ 2,44 dan t_(tabel )^ 1,73 berarti H_a diterima dan H_o ditolak, maka hipotesis diterima, artinya bahwa hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Lubuklinggau setelah diterapkannya model pembelajaran discovery learning secara signifikan tuntas. Rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran discovery Learning sebesar 79,56 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 89,5%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning, Matematika.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
INTAN PERMATASARI - Personal Name
|
Student ID |
5020189
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Nur Fitriyana, M. Pd. Mat. - - Ketua Penguji
Dr. Donni Pesatalozi, M.Pd - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
INTAN PERMATASARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |