PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 42 Lubuklinggau setelah diterapkan model inkuiri. Jenis penelitian adalah penelitian Eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode Eksperimen dengan design One Group Pretest Posttest Design . Dalam penelitian ini menggunakan 1 kelas sampel yaitu kelas III dengan jumlah siswa 20 siswa. Hal ini berarti semua anggota populasi dijadikan sampel, teknik pengambilan sampel yaitu dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data ini menggunakan Pre-test and Post-test. Instrumen yang digunakan berbentuk soal pilihan ganda 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa Zhitung ≥ Ztabel (6,60 ≥ 1,64), sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 42 Lubuklinggau setelah penerapan model inkuiri secara signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,40.

Kata kunci: Penerapan, Hasil Belajar, IPA, Inkuiri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MAHARANI - Personal Name
Student ID
5019222
Dosen Pembimbing
Dr. Rudi Erwandi, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Eka Lokaria, M.Pd. Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
MAHARANI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail