SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 42 Lubuklinggau setelah diterapkan model inkuiri. Jenis penelitian adalah penelitian Eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode Eksperimen dengan design One Group Pretest Posttest Design . Dalam penelitian ini menggunakan 1 kelas sampel yaitu kelas III dengan jumlah siswa 20 siswa. Hal ini berarti semua anggota populasi dijadikan sampel, teknik pengambilan sampel yaitu dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data ini menggunakan Pre-test and Post-test. Instrumen yang digunakan berbentuk soal pilihan ganda 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa Zhitung ≥ Ztabel (6,60 ≥ 1,64), sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 42 Lubuklinggau setelah penerapan model inkuiri secara signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,40.
Kata kunci: Penerapan, Hasil Belajar, IPA, Inkuiri
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MAHARANI - Personal Name
|
Student ID |
5019222
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Rudi Erwandi, M.Pd. - - Ketua Penguji
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Penguji 1 Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
MAHARANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |