SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN WUKIRSARI
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran Contextual teaching and learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian berbentuk eksperimen semu kategori (pre-test and post-test). Penelitian dilakukan di SDN Wukirsari dengan populasinya yaitu siswa kelas V. Sampel diambil sebanyak 25 siswa dan diberi perlakuan model pembelajaran CTL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 7 soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan nilai rata-rata , nilai rata-rata pre-test sebesar 61,92 menjadi 80,2 pada post-test dimana ada peningkatan sebesar 41,75. Sedangkan berdasarkan analisis pengujian hipotesis diperoleh bahwa z_hitung=6,52. Selanjutnya z_hitung dibandingkan dengan nlai z_tabel pada daftar distribusi z dengan z_tabel=dk=k-1=25-1=24,∝=0,05=1,64. Dengan demikian z_hitung (6,52) > z_tabel (1,64), hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain hipotesis yang dianjurkan dalam penelitian ini dapat diterima keberadaannya, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Wukirsari pada mata pelajaran IPA
Kata Kunci: hasil belajar, model Contextual Teching and Learning, IPA Sekolah Dasar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
KHUSNUL KHOTIMAH - Personal Name
|
Student ID |
5020192
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Leo Charlie, M. Pd. - - Ketua Penguji
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
KHUSNUL KHOTIMAH - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |