SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 18 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative Learning Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 18 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan Addie. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 18 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative Learning berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative Learning memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,79%. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative Learning memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 87,2%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,71% dengan klasifikasi tinggi yang artinya Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative
Learning memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Cooperative Learning terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam
pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 18 Lubuklinggau.
Kata Kunci : IPA, Pengembangan LKS, Cooperative Learning, SDN 18 Lubuklinggau
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
ARDEKA PRAMUDYA - Personal Name
|
Student ID |
5019195
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Elya Rosalina, M.Pd.Mat. - - Ketua Penguji
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
ARDEKA PRAMUDYA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |