SKRIPSI S1 MATEMATIKA
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMA NEGERI SEMANGUS
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Matematika berbasis problem based learning pada materi barisan dan deret kelas XI SMA Negeri Semangus yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Metode penelitian menggunakan tahapan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap: analiyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes, dengan subjek penelitian ini meliputi validator (ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media), guru matematika, dan peserta didik kelas XI. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Aiken’s V dari para ahli memperoleh keseluruhan 0,90 dengan kategori sangat valid. Pada uji kepraktisan guru dan peserta didik memperoleh presentase keseluruhan 90,16% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efek potensial melalui tes yang diberikan kepada 30 peserta didik di peroleh data bahwa 26 peserta didik (86,7%) termasuk dalam kategori tuntas dan 4 peserta didik (13,3%) dengan kategori belum tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis problem based learning yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid, praktis serta memiliki efek potensial.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, PBL, Barisan dan Deret.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RIRIN SARYANI - Personal Name
|
Student ID |
4020035
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Ketua Penguji
Rani Refianti, M. Pd. - - Penguji 1 Maria Luthfiana, M. Pd. Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
RIRIN SARYANI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
510
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |