SKRIPSI S1 MATEMATIKA
PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI SEMANGUS KELAS VIII
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap: analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan) dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket (kuesioner), dan tes, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Semangus yang berjumlah 6 orang siswa untuk uji small group dan 15 siswa untuk uji field test. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai Aiken’s V dari validasi ahli bahasa yaitu 0,80, ahli media 0,72 dan ahli materi yaitu 0,77 dengan kategori valid. Pada uji kepraktisan guru 85,33% dan uji kepraktisan siswa 80,71% dengan kategori sangat praktis. Pada uji kepraktisan guru dan siswa memperoleh presentase keseluruhan 81,41% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil uji efek potensial melalui tes yang diberikan oleh 15 siswa di peroleh data bahwa 13 siswa (86,33%) termasuk dalam kategori tuntas dan 2 siswa (13,3%) dengan kategori belum tuntas.
Kata Kunci: Pengembangan, Komik Matematika, Problem Based Learning
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MUTIARA LESA PUSPITA SARI - Personal Name
|
Student ID |
4020017
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Maria Luthfiana, M. Pd. Mat - - Ketua Penguji
Drs. Sukasno, M.Pd - - Penguji 1 Rani Refianti, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
MUTIARA LESA PUSPITA SARI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
510
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |