SKRIPSI S1 MATEMATIKA
PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI CANVA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 09 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul pembelajaran matematika berbantuan aplikasi Canva dengan pendekatan kontekstual pada materi Statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Lubuklinggau yang valid, praktis, dan efek potensial. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap validasi, E-Modul dinilai oleh ahli bahasa, media, dan materi, dengan hasil masing-masing validasi sebesar 0,92; 0,94; dan 0,98 yang dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan hasil yang sangat praktis dengan skor 93,3% dari guru dan 81,5% dari small group siswa. Implementasi E-Modul menunjukkan hasil tes siswa dengan persentase ketuntasan 76,7%, sehingga E-Modul dinyatakan memiliki efek potensial yang baik terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, Canva, Kontekstual, Statistika.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SISKA UTAMI - Personal Name
|
Student ID |
4020021
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
As Elly S, M. Pd. Mat. - - Ketua Penguji
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat. - - Penguji 1 Rani Refianti, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Kontributor |
SISKA UTAMI - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
510
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |