SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 06 B SRIKATON
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 06 B Srikaton setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu. Populasi seluruh kelas V SD Negeri 06 B Srikaton dan sebagai sampel kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 17 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α =0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan data hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris yaitu rata-rata sebesar 80,77 dan jumlah yang tuntas mencapai 92,31%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 8,09 > ttabel 1,71 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 06 B Srikaton setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) secara signifikan tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, dan Teams Games Tournament (TGT)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NUNUNG MADYANINGRUM - Personal Name
|
Student ID |
5017103
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Ketua Penguji
Dr. Ahmad Gawdy Prananosa, M. Pd. - - Penguji 1 Andri Valen, M. Pd. - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
NUNUNG MADYANINGRUM - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |