ttabel (2.000) untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 60, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Meaningful Instructional Design" /> PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI NOMAN ttabel (2.000) untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 60, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Meaningful Instructional Design" />

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 SEJARAH

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI NOMAN

XML JSON

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri Noman. Desain penelitian berbentuk True Experimental Design kategori pre-test post-test control group design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Noman dengan populasinya yaitu siswa kelas XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh sehingga sampel yang diambil adalah adalah siswa kelas XI.IPS.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPS.2 sebagai kelas kontrol. Telnol pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 30 soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMA Negeri Noman. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen adalah 62,31 dan 85,72. Sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 61,59 dan 71,24. Jadi ada perbedaan hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 24,13 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 9,65. Hasil ini diperkuat dengan perhitungan uji "t" (uji hipotesis) dimana thitung (7,600) > ttabel (2.000) untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 60, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Meaningful Instructional Design


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SILFI - Personal Name
Student ID
3020003
Dosen Pembimbing
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Agus Susilo, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Supriyanto, M.Pd. - - Ketua Penguji
Sarkowi, M.Hum - - Penguji 1
Dr. Yadri Irwansyah, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
SILFI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
959.8
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail