SKRIPSI S1 PGSD
PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COPERATIVE LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI MUARA KATI BARU II
XML JSON
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu Pengembangan Modul IPS Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Model Coperative Learning. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Muara Kati Baru II. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi Modul IPS Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Model Coperative Learning berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa Modul IPS Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Model Coperative Learning memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa Modul IPS Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Model Coperative Learning memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 89,16%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,75 dengan klasifikasi tinggi yang artinya Modul IPS Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Model Coperative Learning memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Modul IPS Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Model Coperative Learning terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Muara Kati Baru II.
Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Kontektual, IPS, Coperative Learning, SD
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SITI NIA SANTIA - Personal Name
|
Student ID |
5020073
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Dr. Hamdan, M.Pd. - - Penguji 1 Novianti Mandasari, M.Pd, Mat - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
SITI NIA SANTIA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |