PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU

Detail Cantuman

SKRIPSI S1 PGSD

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU

XML JSON

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaean Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 85 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design. Desain eksperimen yang digunakan berbentuk pre-test and pos-test and group design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 13 soal. Teknik analisis data dengan lagkah-langkah : skor rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas dan uji-z. Rata rata nilai Pre-Test sebesar 56,60 dan rata-rata nilai Post-Test sebesar 79,92 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 79%. Berdasarkan analisis uji-z diperoleh nilai Zhitung (3,74) dan Ztabel (1,64) jika dibandigkan maka Zhitung > Ztabel. Untuk tes akhir pada taraf signifikan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 85 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaean Contextual Teaching and Learning secara signifikan tuntas.

Kata Kunci : Penerapan, Contextual Teaching And Learning, IPS, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RATINA - Personal Name
Student ID
5018112
Dosen Pembimbing
Andri Valen, M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Yuni Krisnawati, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Penguji 1
Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
Kontributor
RATINA - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
372.2
Copyright
Universitas PGRI Silampari
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail