SKRIPSI S1 PGSD
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU
XML JSONPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaean Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 85 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design. Desain eksperimen yang digunakan berbentuk pre-test and pos-test and group design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 13 soal. Teknik analisis data dengan lagkah-langkah : skor rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas dan uji-z. Rata rata nilai Pre-Test sebesar 56,60 dan rata-rata nilai Post-Test sebesar 79,92 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 79%. Berdasarkan analisis uji-z diperoleh nilai Zhitung (3,74) dan Ztabel (1,64) jika dibandigkan maka Zhitung > Ztabel. Untuk tes akhir pada taraf signifikan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 85 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaean Contextual Teaching and Learning secara signifikan tuntas.
Kata Kunci : Penerapan, Contextual Teaching And Learning, IPS, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
RATINA - Personal Name
|
Student ID |
5018112
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andri Valen, M. Pd. - - Ketua Penguji
Nur Fitriana, M. Pd. Mat. - - Penguji 1 Asep Sukenda Egok, M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
|
Kontributor |
RATINA - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas PGRI Silampari : Lubuklinggau., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
372.2
|
Copyright |
Universitas PGRI Silampari
|
Doi |